KAJIAN FONOLOGI PADA ANAK USIA TIGA SAMPAI LIMA TAHUN DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA SISWA DI PAUD “BUAH HATI” REMBIGA

HASWADI, MAHSAR (2017) KAJIAN FONOLOGI PADA ANAK USIA TIGA SAMPAI LIMA TAHUN DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA SISWA DI PAUD “BUAH HATI” REMBIGA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bahasa merupakan alat verbal yang digunakan untuk berkomunikasi atau berbicara. Bahasa berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Tanpa bahasa manusia tidak akan bisa saling berhubungan atau berinteraksi satu sama lain karena bahasa merupakan sarana komunikasi. Tanpa bahasa pula kehidupan manusia tidak akan berkembang, karena bahasa adalah kunci dasar suatu pengetahuan. Fungsi umum bahasa adalah sebagai alat komunikasi sosial. Bahasa pada dasarnya sudah menyatu dngan kehidupan manusia. Aktivitas manusia sebagai anggota masyarakat sangat bergantung pada penggunaaan bahasa masyarakat setempat. Gagasan, ide, pikiran, harapan, dan keinginan dapat disampaikan melalui bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan atau penguasaan anak usia tiga sampai lima tahun dalam menghasilkan bunyi bahasa. Bagaimana pengaruh lingkungan informal terhadap kemampuan anak usia tiga sampai lima tahun dalam menghasilkan bunyi bahasa serta bagaimana kaitan antara kemampuan anak usia tiga sampai lima tahun menghasilkan bunyi bahasa dengan pembelajaran bahasa di sekolah khususnya dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini penting dilakukan karena dengan memhami kemampuan anak dalam menghasilkan bunyi bahasa para pendidik atau orang tua dapat memahami bagaimana cara berinteraksi atau berkomunikasi yang efektif dengan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemerolehan, bunyi bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Apr 2018 04:53
Last Modified: 24 Apr 2018 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3082

Actions (login required)

View Item View Item