PERAN PEREMPUAN DALAM MENOPANG PEREKONOMIAN KELUARGA DI DAERAH PARIWISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Kasus Di Dusun Karang Gelebeg Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara)

Nina Indria, Josiphira (2022) PERAN PEREMPUAN DALAM MENOPANG PEREKONOMIAN KELUARGA DI DAERAH PARIWISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Kasus Di Dusun Karang Gelebeg Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi NINA INDRIA JOSIPHIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19, memberikan dampak terhadap sektor pariwisata, berkurangnya pengunjung di daearah wisata mengakibatkan banyak masyarakat terkena PHK. Hal ini mengakibatkan adanya “Peran Perempuan dalam Menopang Perekonomian Keluarga Di Daerah Pariwisata Pada Masa Pandemi Covid-19, Kasus Di Dusun Karang Gelebeg Desa Pemenang Barat Kecamatan Pemenang”. Bertujuan untuk mengetahui bagaiman peran perempuan dalam menopang perekonomian keluarga di masa pandemi covid-19, dan ingin mengetahui bagaimana perubahan yang dialami perempuan dalam menopang perekonomian keluarga di masa pandemi Covid-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Tindakan Sosial Max Weber, Teori Motif Alfred Schutz dan Teori Equilibrium. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunnnakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1. Perempuan melakukan dua peran sekaligus yaitu peran sebagai ibu rumah tangga dan juga peran dalam mencari nafkah untuk keluarganya. Perempuan menopang perekonomian keluarganya memenuhi segala kebutuhan hidup selama pandemi covid-19. 2. Perempuan mengalami perubahan aktifitas, perubahan psikologis, perubahan pola pikir, dan perubahan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dampak Pandemi, Peran Perempuan, Perekonomia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:53
Last Modified: 23 Aug 2022 02:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30916

Actions (login required)

View Item View Item