PENGEMBANGAN BIOPESTICIDAL FERTILIZER DARI BATUAN SILIKAT BASALTIK DAN TANAMAN NIMBA SEBAGAI SARANA PRODUKSI PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN

JOKO PRIYONO, JOKO (2010) PENGEMBANGAN BIOPESTICIDAL FERTILIZER DARI BATUAN SILIKAT BASALTIK DAN TANAMAN NIMBA SEBAGAI SARANA PRODUKSI PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN. Project Report. LPPM Unram, Mataram. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Lamp.III.A.d.1.1.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Tingkat ketergantungan petani terhadap penggunaan bahan agrokimia (pupuk dan pestisida sintetis) saat ini sudah sangat tinggi. Kondisi tersebut sering menimbulkan masalah penyediaannya, terutama penyediaan pupuk kimia bersubsidi dalam jumlah yang cukup dan tepat waktu. Selain itu, penggunaan bahan agrokimia, terutama pestisida sintetis, dalam jangka waktu panjang banyak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan dalam arti luas. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain dengan memanfatkan bahan organik lokal sebagai pupuk dan pestisida, tetapi belum mencapai hasil yang maksimal. Ide baru berkaitan dengan upaya itu adalah memanfaatkan batuan silikat sebagai pupuk dicampur dengan ekstrak daun dan buah tanaman nimbe (Azaradiractha indica) sebagai pestisida nabati, dihasilkan pupuk cair batuan silikat berpestisida nabati (Biopesticidal Fertilizer, BF).

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords (Kata Kunci): biopesticidal fertilizer, batuan silikat, nimbe
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ir. Joko Priyono M.Sc., Ph.D
Date Deposited: 24 Aug 2022 00:11
Last Modified: 24 Aug 2022 00:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30941

Actions (login required)

View Item View Item