PENGARUH PENAMBAHAN PROPORSI BUBUR RUMPUT LAUT (Eucheuma cottonii) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA BAKSO AYAM PETELUR APKIR

Ismail, Yahya (2022) PENGARUH PENAMBAHAN PROPORSI BUBUR RUMPUT LAUT (Eucheuma cottonii) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA BAKSO AYAM PETELUR APKIR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
REVISI SKRIPSI LENGKAP-EDIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formula bakso daging ayam petelur Apkir dengan penambahan rumput laut (Eucheuma cottonii) yang dapat diterima konsumen dan sesuai dengan standar mutu bakso ayam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental yang dilaksanakan di Laboratorium dan dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor yaitu penambahan bubur rumput laut (Eucheuma cottonii) yang terdiri atas 6 perlakuan yaitu tanpa penambahan bubur rumput laut (Eucheuma cottonii) (0%), penambahan penambahan bubur rumput laut (Eucheuma cottonii) 10, 20, 30, 40 dan 50%. Masing-masing perlakuan diulang 3 kali sehingga diperoleh 18 unit percobaan. Parameter yang diamati meliputi parameter kimia (kadar air, kadar abu, kadar protein dan kadar serat kasar), parameter fisik (uji daya ikat air, uji tekstur dan uji warna) dan parameter organoleptik (aroma, warna, tekstur dan rasa). Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis keragaman pada taraf 5% dan diuji lanjut menggunakan uji lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) taraf nyata yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan bubur rumput laut (Eucheuma cottonii) memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar serat kasar, daya ikat air, tekstur, parameter organoleptik skoring (warna, tesktur dan rasa) dan hedonik (aroma dan tekstur) namun tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kecerahan, oHue, parameter organoleptik skoring (aroma) dan hedonik (rasa dan warna). Bakso ayam petelur Apkir dengan penambahan bubur rumput laut (Eucheuma cottonii) 30% memenuhi syarat mutu bakso daging ayam SNI 01-3819-1995.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bakso ayam, Eucheuma cottonii, Petelur apkir
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:05
Last Modified: 25 Aug 2022 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31030

Actions (login required)

View Item View Item