PENDEKATAN PENYULUHAN BAGI AKSELERASI PROSES ADOPSI DAN DIFUSI AGROFORESTRY PADA MASYARAKAT TANI SEKITAR HUTAN1 (EXTENSION APPROACHES TO ACCELERATE ADOPTION AND DIFFUSION OF AGROFORESTRY AT THE COMMUNITY AROUND THE FOREST)

MUKTASAM, MUKTASAN PENDEKATAN PENYULUHAN BAGI AKSELERASI PROSES ADOPSI DAN DIFUSI AGROFORESTRY PADA MASYARAKAT TANI SEKITAR HUTAN1 (EXTENSION APPROACHES TO ACCELERATE ADOPTION AND DIFFUSION OF AGROFORESTRY AT THE COMMUNITY AROUND THE FOREST). In: Road Show dan Seminar Nasional Agroforestry II – Fakultas Pertanian Unram, Mataram, Mataram.

[img]
Preview
Text
L.A.1.c.2.1.pdf

Download (880kB) | Preview

Abstract

Ada dua hal yang mungkin menjadi latar belakang kenapa “agroforestry” menjadi sesuatu hal yang penting untuk dibicarakan dan dibahas. Pertama, agroforestry dianggap sebagai sebuah inovasi yang memiliki keunggulan relative dibanding dengan praktek-praktek pengelolaan sumberdaya lahan yang kini ada. Keunggulan ini berupa keuntungan ekonomi, lingkungan dan juga sosial. Kedua, agroforestry sebagai inovasi belum atau bahkan tidak diterapkan atau diadopsi secara luas oleh masyarakat, sehingga ini dianggap sebagai sebuah masalah yang harus dipecahkan. Adalah tidak berguna untuk membicarakan sesuatu yang tidak menjadi masalah – gap antara kondisi ideal dengan fakta atau keadaan yang sebenarnya. Atas dasar dua asumsi ini, maka tulisan ini mencoba membahas alternative pendekatan penyuluhan yang dapat dipertimbangkan dalam rangka mendorong proses adopsi dan difusi inovasi agroforestry, yang pada gilirannya menghasilkan perubahan ekonomi, sosial dan lingkungan pada masyarakat pengelola sumberdaya alam, baik di areal hutan maupun di luar kawasan hutan – termasuk perubahan iklim global. Atas dasar tinjauan teoritis maupun empiris, usaha kearah pemberdayaan masyarakat (dalam perspektif sosial, ekonomi dan lingkungan) melalui agroforestry merupakan usaha yang menghendaki keterlibatan banyak pihak, dan berjangka panjang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords (Kata Kunci): Penyuluhan, Agroforestry, Akselerasi, Adopsi, Difusi
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ir. Muktasam M.Agr,Sc.Phd
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:26
Last Modified: 26 Aug 2022 07:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31057

Actions (login required)

View Item View Item