ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING SELAMA COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DAN XII MIPA SMA NEGERI 1 SAKRA

NUR, MAIZANI (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING SELAMA COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DAN XII MIPA SMA NEGERI 1 SAKRA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NUR MAIZANI (E1M016047).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis daring selama Covid-19 terhadap peserta didik kelas XI dan XII MIPA SMA Negeri 1 Sakra. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian sebanyak 189 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 127 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket tertutup dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Empat indikator efektivitas yang diukur dalam penelitian ini adalah aktivitas atau keterlibatan peserta didik didapatkan nilai rata-rata sebesar 2,58, hambatan atau kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran didapatkan nilai rata-rata sebesar 1,94, mutu media yang digunakan didapatkan nilai rata-rata sebesar 2,39, dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran kimia yang dilakukan secara daring didapatkan nilai rata-rata sebesar 1,96. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran secara daring pada peserta didik kelas XI dan XII MIPA SMA Negeri 1 Sakra dengan 4 indikator tersebut masuk ke dalam kategori rendah dengan rata-rata 2,42 yang terletak pada interval 1,5≤ x≤ 2,5.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efektivitas pembelajaran secara daring dan pandemi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Aug 2022 05:34
Last Modified: 25 Aug 2022 05:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31063

Actions (login required)

View Item View Item