KETANGGUHAN PATAH KOMPOSIT HIBRID CARBOXYL TERMINATED BUTADIENE ACRYLONITRILE (CTBN) – PARTIKEL ARANG/EPOXY DENGAN METODE BENDING

NOER, FITRYYAN (2022) KETANGGUHAN PATAH KOMPOSIT HIBRID CARBOXYL TERMINATED BUTADIENE ACRYLONITRILE (CTBN) – PARTIKEL ARANG/EPOXY DENGAN METODE BENDING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOER FITRYYAN (F1C115028) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kombinasi antar material yang saat ini bisa disebut juga dengan material komposit berkembang begitu pesat seiring dengan kebutuhan masa kini, khususnya di bidang industri sedang maupun besar. Salah satunya adalah meneliti tentang pengaruh carboxyl terminated butadiene acrylonitryle (CTBN)-partikel arang tempurung kelapa sebagai pengisi dan matrik epoxy sebagai pengikat/matrik terhadap ketangguhan patah yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fraksi berat CTBN-partikel arang tempurung kelapa terhadap ketangguhan patah komposit bermatrik epoxy. Metode yang digunakan dengan mengkombinasikan CTBN dan partikel arang tempurung kelapa sebagai pengisi dan epoxy sebagai pengikatnya. Adapun fraksi berat CTBN yakni 0%, 5%, 10% dan 15%. Sedangkan untuk fraksi berat arang tempurung kelapa yakni 0%, 10% dan 20%. Agar udara yang dapat menyebabkan void tidak terjebak pada matrial komposit, dilakukan proses pemakuman setelah pencampuran dan pengadukan. Untuk spesimen dan prosedur pengujian ketangguhan patah mengacu pada standar ASTM D5045. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ketangguhan patah nilai kekuatan komposit naik perlahan sampai batas tertentu pada setiap fraksi. Nilai kekuatan ketangguhan patah tertinggi ada pada konfigurasi E90C10A0 yaitu 1.664 MPa.m½. Sedangkan nilai ketangguhan patah terendah ada pada konfigurasi E100C0A0 yaitu 0,894 N.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komposit, CTBN, partikel arang tempurung kelapa, epoxy, ketangguhan patah.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Aug 2022 05:34
Last Modified: 25 Aug 2022 05:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31077

Actions (login required)

View Item View Item