KAJIAN TIMBULAN SAMPAH UNTUK MENENTUKAN KAPASITAS TEMPAT PEMBUANGAN SEMENTARA DAN JADWAL ANGKUT (STUDY KASUS: KELURAHAN JEMPONG BARU-MATARAM)

M.Sinari, Azzarkasi (2022) KAJIAN TIMBULAN SAMPAH UNTUK MENENTUKAN KAPASITAS TEMPAT PEMBUANGAN SEMENTARA DAN JADWAL ANGKUT (STUDY KASUS: KELURAHAN JEMPONG BARU-MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi M Sinari JILID Acc dekan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan volume sampah jika tidak disertai dengan pengelolaan yang baik, tentu akan berdampak buruk bagi penurunan kualitas lingkungan. Oleh sebab itu sebagai upaya menghindari hal tersebut Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya dalam upaya mewujudkan NTB bebas sampah melaunching program NTB zero waste. Melalui program ini NTB ditargetkan dapat melakukan 70% pengelolaan dan 30% pengurangan sampah pada tahun 2023. Berdasarkan hasil pemantauan dan kenyataan di lapangan masih banyak terdapat TPS-TPS yang tidak mampu menampung sampah sementara dari lingkungan sekitarnya sebelum dibuang ke TPA. Kondisi ini jelas terlihat dari banyaknya sampah yang sampai meluber ke jalan-jalan di sekitar TPS sehingga menyebabkan pemandangan yang tidak baik dan menebarkan bau yang tidak sedap atau polusi lingkungan. Bertolak dari keadaan ini akhirnya muncul praduga/pemikiran apakah TPS yang dibangun sudah mempertimbangkan timbulan sampah dari lingkungan sekitar yang akan ditampungnya ataukah jadwal pengangkutan dari TPS ke TPA yang tidak dilakukan sesuai dengan yang direncanakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui timbulan sampah di masing- masing lingkungan di Kelurahan Jempong Baru, mengetahui kapasitas dan review TPS sesuai lokasi TPS yang sudah ada dan mengetahui jadwal dan review jadwal existing penganggkutan sampah dari TPS ke TPA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kajian melalui observasi dan pengukuran secara langsung, yang meliputi pengamatan dan wawancara dengan masyarakat di lingkungan yang ada di Kelurahan Jempong Baru. Hasil dari penelitian ini adalah Jumlah pengangkutan sampah dari TPS ke TPA di Kelurahan Jempong Baru yaitu sebanyak 3 kali (3 ritasi), dengan menggunakan dumptruck berkapasitas 7 m3, maka pengangkutan sampah dalam sehari hanya mampu sebesar 21 m3/hari. Jumlah total timbulan sampah yang dihasilkan di Kelurahan Jempong Baru pada posisi existing yaitu sebesar 28,97 m3/hari dan pada posisi alternatif sebesar 121,47 m3/hari. Pada posisi existing, 1 TPS berkapasitas 72 m3 dan 1 buah dumptruck berkapasitas 7 m3 sudah mencukupi atau menampung timbulan sampah yang ada yaitu sebesar 28,97 m3/hari. Sedangkan pada posisi alternatif, fasilitas yang diperlukan untuk menangani volume sampah sebanyak 121,47 m3/hari adalah minimal 1 TPS dan 6 dumptruck

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): engolahan Sampah, Timbulan Sampah, Kapasitas TPS, Jadwal Angkut Existing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Aug 2022 05:34
Last Modified: 25 Aug 2022 05:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31081

Actions (login required)

View Item View Item