KAJIAN WACANA KRITIS PADA LABELISASI RADIKALISME OLEH AGEN BADAN PENANGGULANGAN TERORISME (BNPT) DALAM SITUS ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN WACANA DI PERGURUAN TINGGI

KHOLID, KHOLID (2017) KAJIAN WACANA KRITIS PADA LABELISASI RADIKALISME OLEH AGEN BADAN PENANGGULANGAN TERORISME (BNPT) DALAM SITUS ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN WACANA DI PERGURUAN TINGGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS KHOLID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah wacana radikalisme tidak asing lagi di perbincangkan pada masa dewasa ini, baik nasional dan internasional. Perkembangan isu-isu radikalisme mulai dari gerakan kelompok radikal dan cara penyebarannya melalui media sosial yang dilabelisasi radikal oleh BNPT. Penelitian ini melihat wacana radikalisme dari aspek bahasa, karena ada unsur bahasa radikalisme yang menjadi kriteria bahasa radikal pada media sosial yang terindikasi memuat paham radikalisme. Berdasarkan kelogisan data faktual masalah ini, menghimpun ideologi para pembaca, oleh karena itu tujuan penelitian ini 1) mendeskripsikan kriteria bahasa radikal yang dilabel oleh BNPT pada teks situs Islam 2) mengkaji ideologi paham radikalisme dalam situs Islam 3) mendeskripsikan BNPT memandang situs Islam dan 4) mendeskripsikan relevansi hasil kajian terhadap pembelajaran wacana di Perguruan Tinggi. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Kajian wacan kritis dan penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif berdasarkan teori Analisis Wacana Kritis (AWK) versi Teun van Dijk sebagai teori utama dan teori pendukung adalah teori semeotika sosial Halliday untuk menganalisis kriteria bahasa radikal, dan teori ideologi oleh Raymond William dan Louis Althusser. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan dokumentasi dengan teknik unduh. Adapun metode penganalisisan data dilakukan dengan menggunakan metode formal dan informal. Kemudian melakukan kategorisasi, klasifikasi, identifikasi, labelisasi, deskrifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa pemakaian simbol atau label kriteria bahasa radikal, fitur linguistik dan ideologi pada situs terindikasi radikal maupun pendangan BNPT terhadap situs tersebut. Dengan mengkaji dari sudut pandang struktur makro dan mikro bahwa dalam teks tersebut terdapat tiga topik masalah jihad, demonstrasi, takfirin selain itu pemakaian struktur mikronya diantaranya semantik sintaksis, stilistik, retoris memang yang domain dari segi struktur mikro yang ditemukan. Adapun relevansi hasil penelitian ini terhadap pembelajaran wacana .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Radikal, Ideologi, Analisis Wacana Kritis dan Pembelajaran wacana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Apr 2018 06:47
Last Modified: 26 Apr 2018 06:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3110

Actions (login required)

View Item View Item