ANALISIS SISTEM KERJA KAFALA TERHADAP PELANGGARAN HAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI SAUDI ARABIA

SILVI, ANA (2022) ANALISIS SISTEM KERJA KAFALA TERHADAP PELANGGARAN HAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI SAUDI ARABIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengapa sistem kerja kafala yang diimplementasikan oleh Saudi Arabia menyebabkan pelanggaran hak terhadap pekerja migran Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori Human Security yaitu Personal Security dan perlindungan hukum serta beberapa konsep seperti Hak Asasi Manusia, Pekerja Migran, Sistem Kafala, Migrasi dan Pembangunan untuk menjawab rumusan masalah karena semuanya mampu untuk menjelaskan adanya pelanggaran hak terhadap pekerja migran yang disebabkan oleh sistem kafala. Hal tersebut terlihat dari berbagai pengaduan dan kasus-kasus yang dialami oleh pekerja migran Indonesia setiap tahunnya yang sebagian besar dilakukan oleh majikan (sponsorship) mereka. Penulis menemukan bahwa sistem kerja kafala yang diimplementasikan oleh Saudi Arabia memiliki kesamaan dengan budaya perbudakan zaman dulu di Jazirah Arab. Selain itu, faktor yang menyebabkan sistem kafala menimbulkan pelanggaran hak adalah kebijakan negara yang cenderung eksploitatif, kondisi kerja yang eksploitatif dan kondisi kehidupan yang eksploitatif. Penelitian ini juga menemukan fakta bahwa sistem kafala digantikan dengan sistem syariqah, namun masih terdapat praktik kafala didalamnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pekerja Migran Indonesia, Pelanggaran Hak, Sistem Kafala, Human Security, Hak Asasi Manusia, Perlindungan Hukum.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:57
Last Modified: 25 Aug 2022 06:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31110

Actions (login required)

View Item View Item