PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDE INQUIRY) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MA AL-AZIZIYAH PUTRI

Firdhania, Wulandari (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDE INQUIRY) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MA AL-AZIZIYAH PUTRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Firdhania Wulandari E1S016025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Riset berikut tujuannya untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan media power point terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MA Al- Aziziyah Putri, yang diambil secara random setelah penyepadanan kelas. Kajian ini menggunakan jenis quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Pengumpulan data mengguankan tes berbentuk pilihan ganda yang sudah terpenuhi syarat pengujian instrumen. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif, berupa analisis komparatif. Berdasarkan uji komparatif menunjukkan adanya pengaruh metode inkuiri terbimbing berbantuan media power point kepada keterampilan berpikiran kritis siswa. Hasil uji gain score juga menunjukan kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Implikasi secara teoritis bahwa penggunaan model ini menjadi suplemen penguatan teori pembelajaran, khususnya yang berbasis kognitvisme dan konstruktivistik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berpikir Kritis Sosiologi,Inkuiri Terbimbing, Power Point
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Aug 2022 12:19
Last Modified: 25 Aug 2022 12:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31150

Actions (login required)

View Item View Item