ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM KELAS X SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI

RACHMA, WATI (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM KELAS X SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RACHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring terhadap minat dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, populasi penelitiannya adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Gunungsari yang terdiri dari 4 kelas yang telah mengikuti pembelajaran kimia secara daring yang berjumlah 133 siswa. Sampel diambil secara random, sejumlah 100 siswa dari setiap kelas. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar kimia siswa, hasil angket dan wawancara. Analisis secara deskriptif data yang diperoleh memberikan hasil belajar siswa dan minat belajar terhadap penerapan pembelajarn daring termasuk kategori sangat baik. Rinciannya adalah: hasil ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal mencapai 73% dan sebagian besar hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu sebesar 43%. Hasil penelitian minat belajar tercapai dengan hasil persentase kategori berminat sebesar 80%, adapun indikator perasaan senang memperoleh hasil persentase sebesar 76%, indikator perhatian dalam belajar memperoleh hasil persentase sebesar 77%, indikator ketertarikan memperoleh hasil persentase sebesar 79%, dan indikator keterlibatan memperoleh hasil persentase sebesar 49%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Minat Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Aug 2022 12:18
Last Modified: 25 Aug 2022 12:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31155

Actions (login required)

View Item View Item