IDENTIFIKASI KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MATARAM DALAM MENJELASKAN FENOMENA ILMIAH YANG TERJADI DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

QURRATA, A’YUNI (2022) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MATARAM DALAM MENJELASKAN FENOMENA ILMIAH YANG TERJADI DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mataram dalam menjelasakan fenomena ilmiah yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitiannya adalah mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mataram angkatan 2019. Subjek dipilih secara random, sejumlah 15 mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan literasi sains dan wawancara. Pengembangan instrumen dilakukan untuk mengukur kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mataram pada materi korosi. Teknik analisis data menggunakan metode perbandingan tetap. Data yang dianalisis dilakukan uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mataram angkatan 2019 pada materi korosi termasuk dalam kategori rendah. Rinciannya yaitu: persentase pada setiap aspek literasi sains berdasarkan tes kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan memiliki persentase sebesar 61,13% (sedang), aspek konteks memiliki persentase sebesar 52,80% (rendah), aspek kompetensi memiliki persentase sebesar 33,81% (rendah) dan aspek sikap dengan persentase sebesar 31,65% (rendah). Sama hal nya dengan hasil berdasarkan wawancara, kemampuan literasi sains mahasiswa berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Literasi Sains, Fenomena Ilmiah.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Aug 2022 00:41
Last Modified: 26 Aug 2022 00:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31161

Actions (login required)

View Item View Item