PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA MUATAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS 1 GUGUS 01 KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2021/2022

BAIQ WIDYA, NINGSIH (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA MUATAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS 1 GUGUS 01 KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flash card terhadap keterampilan membaca siswa kelas I Gugus 01 Kecamatan Pujut. Manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai bahan pengembangan keilmuan bagi peneliti lain yang akan meneliti hal serupa mengenai pengaruh media pembelajaran flash card terhadap keterampilan membaca siswa kelas I SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I Gugus 01 Kecamatan Pujut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS untuk melakukan uji homogenitas, uji hipotesis, serta uji normalitas. Penelitian ini dilakukan untuk menyempurnakan penelitian sebelumnya terkait dengan media FLASH CARD. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan media flash card dilihat pada uji hipotesis yang diperoleh sebesar 4,757 > 2.008 yang menandakan ada pengaruh media flash card terhadap keterampilan membaca siswa. Dilihat dari uji homogenitas diperoleh nilai signifikasi sebesar 0.993 > 0.05 yang menandakan data bersifat homogeny kemudian dilihat dari uji normalitas Kolmogorov-Smirnov diperoleh siginifikansi pada kelas eksperimen pretest sebesar 0.180 dan posttest sebesar 0.161 untuk nilai signifikansi kelas kontrol pretest sebesar 0.153 dan posttest sebesar 0.246. lebih besar dari 0.05 yang menandakan data terdristribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media flash card berpengaruh terhadap keterampilan membaca siswa kelas I Gugus 01 Kecamatan Pujut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Flash Card dan Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:29
Last Modified: 26 Aug 2022 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31162

Actions (login required)

View Item View Item