UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI FRAKSI KULIT BUAH KOPI ROBUSTA (Coffea canephora L.) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli

NABILA PUTRI KUSUMA, CITRA DEWI (2022) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI FRAKSI KULIT BUAH KOPI ROBUSTA (Coffea canephora L.) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Skripsi_Nabila Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kulit buah kopi robusta terkandung senyawa seperti karbohidrat, protein, mineral, air, dan senyawa metabolit sekunder seperti senyawa fenolik dan tanin. Adanya kandungan senyawa fenolik dapat dimanfaatkan salah satunya sebagai antibakteri. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kandungan senyawa fenolik dan aktivitas antibakteri dari fraksi ekstrak etanol kulit buah kopi robusta terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Sampel kulit buah kopi robusta diekstraksi dengan etanol 70%, kemudian difraksinasi dengan akuades dan etil asetat. Selanjutnya ekstrak etanol dan kedua fraksi dianalisis kandungan fenolik secara kualitatif menggunakan Kromatografi Lapis Tipis (KLT). Aktivitas antibakteri dari ekstrak etanol (konsentrasi 20; 30; dan 40 %) dan kedua fraksi (konsentrasi 2; 3; dan 4%) diuji menggunakan metode difusi cakram terhadap pertumbuhan bakteri S.aureus dan E.coli. Data diameter zona hambat dianalisis dengan uji One Way Anova (α= 0,05) jika data homogen dan terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak, fraksi etil asetat, dan fraksi air mengandung senyawa fenolik. Hasil uji aktivitas ekstrak dan fraksi terhadap bakteri S.aureus menunjukkan bahwa ekstrak dan fraksi etil asetat dapat menghambat pertumbuhan bakteri, sedangkan pada bakteri E.coli ekstrak konsentrasi 40% dan fraksi etil asetat dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Fraksi air tidak memiliki aktivitas dalam menghambat pertumbuhan bakteri S.aureus dan E.coli. Dari studi ini, dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol dan fraksi etil asetat kulit buah kopi robusta berpotensi sebagai kandidat antibakteri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Antibakteri, E.coli, kulit buah, kopi robusta, S.aureus.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:29
Last Modified: 26 Aug 2022 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31164

Actions (login required)

View Item View Item