TINJAUAN YURIDIS STATUS ANAK YANG LAHIR DARI PERKAWINAN CAMPURAN ANTARA WARGA NEGARA ASING (WNA) DENGAN WARGA NEGARA INDONESIA (WNI).

ANGGA DIMAS, PRATAMA (2022) TINJAUAN YURIDIS STATUS ANAK YANG LAHIR DARI PERKAWINAN CAMPURAN ANTARA WARGA NEGARA ASING (WNA) DENGAN WARGA NEGARA INDONESIA (WNI). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANGGA DIMAS PRATAMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status perkawinan yang di selenggarakaan di luar negeri antara Warga Negara Asing (WNA) dengan Warga Negara Indonesia (WNI) serta untuk mengetahui status kewarganegaraan anak yang lahir dari perkawinan warga negara asing dengan warga negara indonesia. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan dan Sumber data diperoleh dari literatur serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hasil penelitian tersimpulkan bahwa perkawinan yang di selengagarakan di luar negeri antara Warga Negara Asing (WNA) dengan Warga Negara Indonesia (WNI) perkawinan itu sah bilamana dia tidak melanggar ketentuan hukum singapur atau negar tempat melangsungkan perkawinan ini. Anak yang lahir dari perkawinan warga neagra asing dengan warga negara indonesia tersebut dapat memilih kewarganegaraannya sendiri setelah berusia 18 (delapan belas) tahun karena dianggap telah cakap hukum sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Status Perkawinan, Status Anak, perkawinan campuran
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:29
Last Modified: 26 Aug 2022 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31165

Actions (login required)

View Item View Item