PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 2 KELAS III SDN 40 AMPENAN

GINDAR, WATI (2022) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUBTEMA 2 KELAS III SDN 40 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI GINDARWATI (E1E018054).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Media audio visual merupakan wahana penyalur informasi belajar yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar yang bisa dilihat, misalnya rekaman video, slide, suara, dan sebagainya. Dalam penelitian ini media audio visual digunakan untuk memahami konsep pada materi saling menghormati dan tunas kelapa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh media audio visual terhadap pemahaman konsep belajar siswa pada materi saling menghormati dan tunas kelapa di SDN 40 Ampenan. (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel penelitian 38 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara tes, dan angket instrument. Penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan posttest sebanyak 10 soal. Hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 26 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai > , dan sig (2-tailed) 0.000 ≤ 0,05. Maka dari hasil uji tersebut terdapat pengaruh pada pemahaman konsep. Kemudian dapat ditarik kesimpulan ada Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Pada Tema 8 Subtema 2 Siswa Kelas III SDN 40 Ampenan. HO ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Audio Visual, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:29
Last Modified: 26 Aug 2022 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31166

Actions (login required)

View Item View Item