PERAN GURU DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI KELAS IV MI DARUL HIKMAH DAREK

LIANA, HASNI (2022) PERAN GURU DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI KELAS IV MI DARUL HIKMAH DAREK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LIANA YUDISIUM 4 AGUSTUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran guru dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) di kelas IV MI Darul Hikmah Darek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif naratif. Objek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas IV MI Darul Hikmah Darek. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan wawancara. Teknis analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, verifikasi data, dan kondensasi data. Berdasarkan hasil penelitian, peran guru dalam gerakan literasi sekolah (GLS) sudah terlaksana sesuai dengan program pemerintah yang terdiri dari tahapan pembiasaan, tahapan pengembangan, dan tahapan pembelajaran. Peran guru yang sudah dilaksanakan dalam tahapan pembiasaan diantaranya, membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, menata sarana prasarana dan lingkungan kaya literasi, menciptakan lingkungkan dengan bernuansa literasi Dan peran guru dalam tahapan pengembangan yang sudah dilaksanakn diantaranya, membaca terpadu, membaca bersama, berdiskusi tentang buku. Sedangkan pada tahapan pembelajaran belum terlaksana di MI Darul Hikmah Darek.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran guru, Gerakan Literas sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:28
Last Modified: 26 Aug 2022 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31174

Actions (login required)

View Item View Item