ANALISIS HUKUM PELAKSANAAN ARISAN ONLINE MENURUT HUKUM PERDATA (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Banjarmasin Nomor 99/PDT.G/2017/PN.Bjm)

LALE DINDA MUTIARA, SANTI (2022) ANALISIS HUKUM PELAKSANAAN ARISAN ONLINE MENURUT HUKUM PERDATA (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Banjarmasin Nomor 99/PDT.G/2017/PN.Bjm). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALE DINDA M.S DONE JILID SKRIPSI FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim serta akibat hukumnya dalam Putusan Nomor 99/Pdt.G/2017/PN.Bjm. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Hasil penelitian ini adalah (1) Akibat hukum perjanjian yang dilakukan para pihak pelaksana arisan online yaitu timbulnya hak dan kewajiban antara tergugat dan penggugat, dimana pihak tergugat berhak mendapatkan uang dari pembayaran slot arisan online tersebut, dan kewajiban dari penggugat adalah menyetorkan uang arisan online tersebut kepada tergugat. (2) Dasar Pertimbangan Hakim dalam memutus perkara Nomor 99/Pdt.G/2017/PN.Bjm adalah berdasar pada fakta-fakta yang terungkap di persidangan berupa fotocopy kwitansi, serta mengacu pada pasal 1338, 1238 KUH Perdata dan memutus perkara tersebut dengan mengabulkan gugatan penggugat sebagian dengan verstek

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Arisan Online, Wanprestasi, Akibat Hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:28
Last Modified: 26 Aug 2022 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31176

Actions (login required)

View Item View Item