PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK

FITRIA RIZKI, MULYA (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Fitria Rizki Mulya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model discovery yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan generik sains peserta didik. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan dessiminate. Uji validasi perangkat pembelajaran di analisa dengan persamaan Aiken’s V dan diperoleh nilai rata-rata sebesar 0.83 dengan kategori sangat valid, sedangkan uji reliabilitas dengan Percentage of Agreement diperoleh nilai rata-rata sebesar 94.03% dengan kategori reliabel. Uji kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran oleh observer sebesar 70.94% dengan kategori praktis, uji kepraktisan berdasarkan dari penilaian guru sebesar 88.65% dengan kategori respon sangat positif dan berdasarkan respon peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 86.09% dengan kategori respon sangat positif. Data hasil keterampilan generik sains peserta didik berdasarkan pemberian LKPD diperoleh nilai rata-rata sebesar 85.26% dengan kategori tinggi. Uji efektifitas perangkat pembelajaran model discovery untuk meningkatkan penguasaan konsep berdasarkan uji N-gain diperoleh nilai rata-rata sebesar 73.28% dengan kategori peningkatan tinggi dan uji efektifitas keterampilan generik sains diperoleh skor N-gain sebesar 70.41% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika model discovery dapat dikatakan layak dan praktis digunakan sebagai perangkat pembelajaran dan efektif meningkatkan hasil belajar berupa penguasaan konsep dan keterampilan generik sains

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perangkat pembelajaran fisika, model discovery, penguasaan konsep, dan keterampilan generik sains.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Aug 2022 06:37
Last Modified: 26 Aug 2022 06:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31180

Actions (login required)

View Item View Item