ISOLASI BAKTERI DAN JAMUR ENDOFIT DARI TANAMAN SIRSAK (Annona Muricata L.) DAN UJI BIOAKTIVITASNYA SEBAGAI ANTIMIKROBA TERHADAP Escherichia coli, Staphylococcus epidermidis DAN Candida albicans

NURUL, AISYAH (2022) ISOLASI BAKTERI DAN JAMUR ENDOFIT DARI TANAMAN SIRSAK (Annona Muricata L.) DAN UJI BIOAKTIVITASNYA SEBAGAI ANTIMIKROBA TERHADAP Escherichia coli, Staphylococcus epidermidis DAN Candida albicans. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURUL AISYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas antimikroba isolat bakteri dan jamur endofit tanaman sirsak (Annona muricata L.) dalam menghambat pertumbuhan E.coli, S. epidermidis dan C. albicans serta menguji kemampuan isolat bekteri endofit dalam melarutkan fosfat. Tahapan dalam penelitian ini yaitu isolasi bakteri dan jamur endofit, uji aktivitas antimikroba, uji kemampuan melarutkan fosfat dan karakterisasi bakteri dan jamur endofit potensial. Bakteri dan jamur endofit diisolasi dari akar, kulit batang dan daun tanaman sirsak yang diambil dari Praya, Lombok Tengah. Uji aktivitas antimikroba bakteri dan jamur endofit dilakukan dengan metode difusi agar. Kemampuan melarutkan fosfat bakteri endofit diuji secara kualitatif pada media pikovskaya padat. Karakterisasi dilakukan terhadap mikroba endofit yang memiliki aktivitas antimikroba berdasarkan morfologi koloni, pewarnaan Gram dan uji biokimia. Hasil uji aktivitas antimikroba menunjukkan bahwa tidak ada isolat bakteri dan jamur endofit yang memiliki aktivitas yang kuat dalam menghambat pertumbuhan mikroba uji. Isolat dengan kode DN3, DNX dan AKRX memiliki aktivitas sedang terhadap E.coli, isolat AKR1 memiliki aktivitas sedang terhadap S.epidermidis serta isolat DN2 dan AKRX memiliki aktivitas sedang terhadap C. albicans. Kemammpuan melarutkan fosfat bakteri endofit secara kualitatif ditunjukkan oleh isolat DN2, KB1, KB2, AKR1 dan AKR3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isolat bakteri dan jamur endofit dari tanaman sirsak mampu menghambat pertumbuhan mikroba uji dalam kategori lemah-sedang serta memiliki kemampuan dalam melarutkan fosfat namun sangat kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mikroba endofit, Antimikroba, Bakteri Pelarut Fosfat, Annona muricata L
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Aug 2022 06:37
Last Modified: 26 Aug 2022 06:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31182

Actions (login required)

View Item View Item