PENGARUH LAMA PERENDAMAN DINGIN DAN KONSENTRASI BAHAN PENGAWET TERHADAP PENGAWETAN KAYU BAYUR (Pterospermum javanicum) MENGGUNAKAN PENGAWET EKSTRAK DAUN MIMBA (Azadirachta indica A.juss)

Patriot, Muslim (2022) PENGARUH LAMA PERENDAMAN DINGIN DAN KONSENTRASI BAHAN PENGAWET TERHADAP PENGAWETAN KAYU BAYUR (Pterospermum javanicum) MENGGUNAKAN PENGAWET EKSTRAK DAUN MIMBA (Azadirachta indica A.juss). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PATRIOT MUSLIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kayu merupakan salah satu hasil hutan yang dibutuhkan oleh manusia untuk berbagai penggunaan antara lain sebagai bahan kontruksi, kerajinan, meubel dan sebagainya. Solusi untuk menghemat penggunaan kayu dengan memperpanjang umur pakai kayu melalui proses pengawetan kayu. Kayu yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kayu Bayur (Pterospermum javanicum Jungh.). Kayu Bayur adalah jenis kayu khas dari daerah tropis tergolong dalam kelas awet IV (mudah lapuk) yaitu kayu yang mudah diserang oleh organisme perusak kayu seperti rayap tanah. Kayu Bayur banyak tumbuh dan berkembang di hutan sekunder, dengan ketinggian di bawah 1.000 mdpl (Salmayanti et al., 2013). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh lama perendaman terhadap nilai absorbsi, retensi dan penetrasi pada pengawetan kayu bayur. (2) Untuk mengetahui pengaruh konsentrasi bahan pengawet ekstrak daun mimba terhadap nilai absorbsi, retensi dan penetrasi pada pengawetan kayu bayur. (3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi lama perendamandan konsentrasi bahan pengawet ekstrakdaun mimba terhadap nilai absorbsi, retensi dan penetrasi pada pengawetan kayu bayur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Kesimpulan yang dapat diambil sebagai berikut: (1) Lama waktu perendaman tidak berpengaruh terhadap nilai absorbsi, retensi teoritis, retensi actual, dan penetrasi terhadap perendaman kayu bayur menggunakan ekstrak daun mimba. (2) Konsentrasi bahan pengawet tidak berpengaruh terhadap nilai absorbsi, retensi teoritis, retensi actual, dan penetrasi. (3) Interaksi antara lama waktu perendaman dan konsentrasi bahan pengawet tidak berpengaruh terhadap nilai absorbsi, retensi teoritis, retensi actual, dan penetrasi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengawetan, Kayu Bayur (Pterospermum javanicum), Daun Mimba (Azadirachta indica)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Aug 2022 06:38
Last Modified: 26 Aug 2022 06:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31184

Actions (login required)

View Item View Item