PERFORMANSI SAMBUNGAN PELAT ALUMINIUM BERBASIS PEREKAT ARALDITE TYPE STANDARD (CURING 90 MENIT) DAN ARALDITE TYPE RAPID (CURING 5 MENIT) PADA KONDISI KERING DAN BASAH

WILIS, PRASTOWO (2022) PERFORMANSI SAMBUNGAN PELAT ALUMINIUM BERBASIS PEREKAT ARALDITE TYPE STANDARD (CURING 90 MENIT) DAN ARALDITE TYPE RAPID (CURING 5 MENIT) PADA KONDISI KERING DAN BASAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C015090_WILIS PRASTOWO...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Epoxy merupakan produk sintetik termoset dari reaksi resin polyepoxy dengan zat pengeras. Epoxy harus mampu mempertahankan sifat mekanik suatu material dalam lingkungan basah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis perekat (perekat dengan laju pengerasan cepat dan lambat) pada kekuatan geser sambungan pelat aluminium pada kondisi kering dan basah. Bahan yang digunakan adalah aluminium dan epoxy araldite type rapid dan standard (5 menit dan 90 menit). Perbandingan rasio dari epoxy araldite (resin/hardener) adalah 1:1. Metode pengujian yang dilakukan adalah pengujian tarik dengan membandingkan spesimen kering (tanpa perendaman) dan spesimen basah dengan perendaman air distilat pada suhu 50 ̊C selama 7 hari. Hasil yang didapatkan untuk pengujian kekuatan geser sambungan yaitu kekuatan geser untuk epoxy araldite type standard (curing 90 menit) lebih tinggi dibandingkan dengan epoxy araldite type rapid (curing 5 menit) pada kondisi kering maupun basah. Kekuatan geser tertinggi pada kondisi kering terjadi pada epoxy araldite type standard (curing 90 menit) sebesar 6,72 (N/mm) dan kekuatan geser terendah terjadi pada epoxy araldite type rapid (curing 5menit) sebesar 6,13 (N/mm). Pada kondisi basah (50°C), kekuatan geser tertinggi terjadi pada epoxy araldite type standard (curing 90 menit) sebesar 7,61 (N/mm) dan kekuatan geser terendah terjadi epoxy araldite type rapid (curing 5 menit) sebesar 7,18 (N/mm).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): epoxy, epoxy araldite, rasio resin/hardener, suhu, kekuatan geser.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Aug 2022 06:39
Last Modified: 26 Aug 2022 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31188

Actions (login required)

View Item View Item