SKRIPSI Pengungsi sebagai Economic Resources bagi Negara Berkembang: Studi Kasus Kepentingan Turki terhadap Pengungsi Suriah melalui EU-Turkey Migration Deal Tahun 2015-2020

Windi, Anjani (2022) SKRIPSI Pengungsi sebagai Economic Resources bagi Negara Berkembang: Studi Kasus Kepentingan Turki terhadap Pengungsi Suriah melalui EU-Turkey Migration Deal Tahun 2015-2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WINDI ANJANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Turki dalam memanfaatkan pengungsi sebagai instrumen untuk mengamankan kepentingan nasionalnya melalui EU-Turkey migration deal. Serta untuk mengetahui kelanjutan dari EU-Turkey migration deal. Untuk menjawab tujuan penelitian, digunakanlah kerangka pemikiraan berupa (1) Kepentingan Nasional, (2) Diplomasi Migrasi, dan (3) Bantuan Luar Negeri. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Turki menggunakan strategi diplomasi migrasi yang berbentuk coercive engineered migration dengan bertindak sebagai opportunist. Penggunaan strategi itu memungkinkan Turki untuk memiliki bargaining position yang setara dengan Uni Eropa. Kepentingan ekonomi melalui pemberian bantuan finansial sebesar €6 miliar berhasil masuk dalam poin kesepakatan. Namun, realisasi dari bantuan finansial itu mengalami hambatan dan ketidakpuasan oleh pemerintah Turki.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Turki, Kepentingan Nasional, Diplomasi Migrasi, Bantuan Finansial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:49
Last Modified: 26 Aug 2022 07:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31197

Actions (login required)

View Item View Item