PENGEMBANGAN PPT VISUAL BASIC APPLICATION BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK SMA

LISA, MARYANA (2022) PENGEMBANGAN PPT VISUAL BASIC APPLICATION BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Lisa Maryana_E1Q018042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk membuat produk berupa media Power Point Visual Basic Application (PPT VBA) berbasis model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi usaha dan energi yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat digunakan untuk mengukur motivasi dan penguasaan konsep peserta didik di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) bermodel ADDIE yaitu analyse, design, development, implementation, dan evaluate. Teknik pengumpulan data didapatkan dari hasil pengisian lembar validasi oleh 6 validator, yaitu 3 validator ahli dan 3 validator praktisi dengan penggunaan skala likert. Kepraktisan ditentukan dari hasil angket respon peserta didik. Kefektifan ditentukan dari angket motivasi belajar dan tes peguasaan konsep. Kevalidan ditentukan dari hasil penilaian validitas oleh validator ahli dan praktisi yaitu berturut-turut sebesar 84% dan 89% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan ditentukan dari hasil angket respon peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 99,45% dengan kriteria sangat praktis. Kefektifan ditentukan dari hasil angket motivasi setelah pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 71,09% dengan kriteria tinggi dan hasil tes penguasaan konsep yang dihitung menggunakan N-Gain mendapatkan nilai rata- rata sebesar 0,55 dengan kriteria sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media PPT Visual Basic Application berbasis model kooperatif tipe NHT valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep peserta didik pada materi usaha dan energi dalam pembelajaran disekolah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analyze-Design-Development-Implementation-Evaluate, Media PPT VBA, Kooperatif tipe NHT, Motivasi Belajar, Penguasaan Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:24
Last Modified: 29 Aug 2022 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31205

Actions (login required)

View Item View Item