PERANCANGAN MESIN PEMOTONG SINGKONG UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEMBUATAN KERIPIK BERSKALA RUMAH TANGGA, KOMUNITAS SERTA UMKM

LALU SAELAL, ARIMI (2022) PERANCANGAN MESIN PEMOTONG SINGKONG UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEMBUATAN KERIPIK BERSKALA RUMAH TANGGA, KOMUNITAS SERTA UMKM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA-Lalu Saelal Arimi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengirisan atau perajangan adalah proses pengecilan ukuran bahan dengan menggunakan pisau untuk mendapatkan ukuran panjang potongan yang lebih kecil dan tipis dengan arah melintang, miring, atau sejajar panjang bahan yang dipotong. Mesin pengiris diciptakan agar dapat mempermudah proses pengirisan. Mesin pengiris dengan satu jenis pisau menghasilkan irisan tipis dengan dua permukaan irisan. Untuk kebutuhan pemakaiannya biasanya akan disesuaikan dengan keperluan pangan maupun keperluan lain, dimana dilakukan dengan alat atau mesin perajang yang menggunakan pisau pada landasan. Daya dan kapasitas produksi Menggunakan 3 buah pisau perajang, Kapasitas produksi mesin 150 kg/jam, Putaran pisau perajang sebesar 326,2 rpm, Daya yang dibutuhkan untuk menggerakkan pisau perajang sebesar 0,3516 kW, Motor listrik yang digunakan sebesar 0,37 kW. Poros yang digunakan dan material poros yang digunakan adalah S 35 C-D (batang baja difnisi dingin), diameter poros yang digunakan adalah 17 mm beserta pasak yang digunakan material Panjang poros yang digunakan adalah 550 mm, pasak yang digunakan adalah S30C baja karbon konstruksi mesin, Ukuran nominal pasak sebesar 6 × 6 mm. Panjang pasak sepanjang 18 mm dan Kedalaman alur pasak pada poros sebesar 3,5 mm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Produksi, Pengirisan, Pemotongan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:24
Last Modified: 29 Aug 2022 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31206

Actions (login required)

View Item View Item