PEMBUATAN METIL ESTER SULFONAT DARI MINYAK BIJI KAPUK (Ceiba pentrandra) DENGAN AGEN SULFONASI NaHSO3 MENGGUNAKAN KATALIS Al2O3

SEKAR HARDYATUTIK, NINGTYAS (2022) PEMBUATAN METIL ESTER SULFONAT DARI MINYAK BIJI KAPUK (Ceiba pentrandra) DENGAN AGEN SULFONASI NaHSO3 MENGGUNAKAN KATALIS Al2O3. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SEKAR HARDYATUTIK NINGTYAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Metil ester sulfonat (MES) merupakan surfaktan anionik yang saat ini sedang dikembangkan dan dapat dimanfaatkan dalam bidang industri farmasi, kosmetik dan deterjen. Bahan baku pembuatan metil ester sulfonat umumnya berasal dari minyak bumi yang bersifat tidak dapat diperbaharui dan minyak nabati komersial, sehingga diperlukan alternatif lain sebagai sumber minyak nabati yang bukan minyak komersial salah satunya yaitu minyak biji kapuk. Telah dilakukan penelitian pembuatan metil ester sulfonat dari minyak biji kapuk dengan agen sulfonasi NaHSO3 menggunakan katalis Al2O3. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan kondisi optimum pada pembuatan metil ester sulfonat dari minyak biji kapuk dengan agen sulfonasi NaHSO3 menggunakan katalis Al2O3 dan menentukan karakteristik metil ester sulfonat dari kondisi optimum. Proses pembuatan metil ester sulfonat melalui tiga tahap yaitu proses sulfonasi, pemurnian dan penetralan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi optimum pada pembuatan metil ester sulfonat yaitu massa katalis 1 %, waktu reaksi 3 jam dan suhu reaksi 80°C. Persen yield yang didapatkan pada penelitian ini yaitu sebesar 64,26 % dengan nilai pH sebesar 6,9 dan memiliki nilai Rf metil ester sulfonat 0,37. Berdasarkan hasil analisis FT-IR terbentuknya gugus sulfonat pada bilangan gelombang 1119,46 cm-1.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biji Kapuk, Minyak, MES, NaHSO3, Al2O3
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:25
Last Modified: 29 Aug 2022 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31208

Actions (login required)

View Item View Item