HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAPA MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV GUGUS III KECAMATAN SELAPARANG DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Yuyun, Lestari (2022) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAPA MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV GUGUS III KECAMATAN SELAPARANG DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya perhatian orang tua pada kegiatan belajar anak diduga dapat menyebabkan minat belajar redah. Rendahnya minat belajar menyebabkan rutinitas belajar anak menjadi kurang teratur sehingga hasil belajar menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua terhadapa minat belajar siswa kelas IV Gugus III Kecamatan Selaparang dalam pembelajaran di masa pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif tipe korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 46 siswa. Pengambilan sampel adalah dengan metode Total Samping. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisoner (angket). Uji hipotesis penelitian menggunakan rumus Pearson Correlation. Hasil uji hubungan diperoleh bahwa ada hubungan positif yang signifikan perhatian orang tua antar siswa dengan minat belajar siswa. Koefisien korelasi menggunakan Product Moment Pearson diperoleh nilai r = 0,850 dengan p = 0.000 (p < 0.05), sehingga hal ini terbukti. Hasil penelitian ini ada hubungan positif antara perhatian orang tua terhadapa minat belajar siswa kelas IV Gugus III Kecamatan Selaparang dalam pembelajaran di masa pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022. Hubungan ini berarti bahwa semakin baik perhatian orang tua, maka akan semakin tinggi minat belajar siswa yang diperoleh, sebaliknya semakin buruk perhatian orang tua, maka akan semakin rendah minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:25
Last Modified: 29 Aug 2022 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31210

Actions (login required)

View Item View Item