PENGENDALIAN WAKTU DAN BIAYA PADA PROYEK DENGAN VARIANS TINGGI (Studi Kasus Pada Proyek Pemeliharaan Jalan Ampenan - Pemenang - Bayan – Sembalun) Time and Cost Control on High Varians Projects (Case Study on Road Maintenance Projects Ampenan - Pemenang - Bayan - Sembalun)

EDI, HARYANTO (2022) PENGENDALIAN WAKTU DAN BIAYA PADA PROYEK DENGAN VARIANS TINGGI (Studi Kasus Pada Proyek Pemeliharaan Jalan Ampenan - Pemenang - Bayan – Sembalun) Time and Cost Control on High Varians Projects (Case Study on Road Maintenance Projects Ampenan - Pemenang - Bayan - Sembalun). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EDI HARYANTOF1A114008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pelaksanaan pemeliharaan jalan Ampenan-Pemenang-Bayan-Sembalun, proyek konstruksi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berlalu lintas karena proyek pemeliharaan jalan ini dilakukan mulai dari pelebaran jalan, perbaikan jembatan, penanganan longsor dan pengembangan drainase. Studi ini merupakan studi untuk mengetahui apakah ada penyimpangan yang terjadi pada proyek pemeliharaan jalan Ampenan-Pemenang-Bayang�Sembalun. Sebelum dilakukan tindakan pengendalian biaya dan jadwal, perlu diketahui terlebih dahulu kinerja proyek yang telah berlangsung. Salah satu cara untuk mengetahui kinerja proyek adalah dengan metode analisa varians. Kinerja proyek dianalisis berdasarkan indeks performa biaya dan jadwal. Perhitungan didasarkan pada nilai planned value, nilai Earned Value dan nilai Actual Cost. Kinerja proyek ditinjau dari minggu ke-8 sehingga minggu ke-12. Hasil analisa Sampai minggu ke-12 menunjukkan bahwa pekerjaan yang dilakukan lebih baik dari jadwal yang direncanakan dan biaya yang dikeluarkan lebih rendah dari biaya yang dianggarkan, yang ditunjukkan dengan nilai SPI sampai dengan minggu ke-12 adalah 1.10 (SPI > 1) dan CPI adalah 1.19 (CPI > 1). Jika performa proyek tetap seperti ini, maka akan terjadi penyimpangan positif dari segi jadwal dan biaya pada proyek tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisa Varians, Planned Value, Earned Value, Actual Cost
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:25
Last Modified: 29 Aug 2022 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31215

Actions (login required)

View Item View Item