STUDI PERANCANGAN STRUKTUR GEDUNG HOTEL AMARSVATI MENGGUNAKAN SISTEM BALOK BETON NONPRISMATIK “Study Of Structural Design Of Amarsvati Hotel Building Using Nonprrismatic Concrete Beam System”

WAH JANTUNG, MAMA (2022) STUDI PERANCANGAN STRUKTUR GEDUNG HOTEL AMARSVATI MENGGUNAKAN SISTEM BALOK BETON NONPRISMATIK “Study Of Structural Design Of Amarsvati Hotel Building Using Nonprrismatic Concrete Beam System”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH_LAPORAN_AKHIR_(WORD)[1]-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan struktur bertingkat baik dalam skala nasional maupun internasional merupakan latar belakang bagi para sarjana dan peneliti untuk melakukan riset dan rekayasa struktural. Adapun tujuan dari rekayasa tersebut adalah untuk meningkatkan efisiensi struktur dari suatu bangunan. Umumnya, tingkat efisiensi suatu struktur bangunan meliputi beberapa aspek utama yaitu keamanan, kenyamanan dan biaya (ekonomi). Salah satu teknologi yang telah ditemukan adalah rekayasa balok nonprismatik. Konsep dari teknologi ini adalah optimalisasi kapasitas momen. Langkah yang dilakukan adalah menyesuaikan tinggi penampang balok dengan besaran momen yang bekerja pada titik yang bersesuaian sepanjang bentangan balok. Cara ini terbukti meningkatakat efisiensi suatu elemen balok. Walau demikian, penerapan dari teknologi ini masih sangat terbatas hanya pada struktur bangunan dengan material baja profil, mengingat masih maraknya penggunaan material beton bertulang pada struktur rangka bangunan. Dalam studi kasus ini, struktur gedung Hotel Amarsvati masih menggunakan material beton bertulang, sehingga akan didesain ulang menggunakan sistem balok beton nonprismatik. Hotel Amarsvati adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat penginapan dan pertemuan dan terdiri dari dua tower dengan karakteristik struktur yang sama persis. Tower-tower tersebut memiliki ukuran panjang 30,1m dan lebar 19 m serta tinggi 50,1m dengan 14 lantai. Material struktur yang digunakan adalah beton dengan mutu f’c = 30 MPa, tulangan memanjang fy = 400 MPa dan tulangan melintang/begel fy = 240 MPa. Analisa gaya dalam struktur xx menggunakan program ETABS 2016 dan gambar desain hasil analisa menggunakan program AutoCAD 2007. Rekayasa elemen balok pada struktur Hotel Amarsvati menggunakan sistem balok nonprismatik-tirus dalam studi kasus ini, telah menghemat penggunaan material beton hingga 5,09% dari volume total struktur atas. Secara reel, reduksi volume beton yang terjadi sebesar 1316,09 m3 , sedangkan dalam skala berat volume beton berkurang sebesar 543 ton.Sedangkan material baja tulangan hemat sebesar 12% - 15% dari total penggunaan baja tulangan pada balok eksisting. Hasil ini menunjukkan sistem balok nonprismatik-tirus sangat layak diterapkan pada struktur gedung dengan material beton bertulang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efisiensi, Optimalisasi, Rekayasa, Kapasitas momen, Nonprismatik.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:25
Last Modified: 29 Aug 2022 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31216

Actions (login required)

View Item View Item