BAIQ RISHA FEBY, AMELIA (2022) HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GAWAI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN DERAJAT DRY EYES SYNDROME BERDASARKAN HASIL OSDI SCORE PADA SISWA DI MAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
[20-3] Naskah Publikasi KTI (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
Abstract
Latar belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi penggunaan gawai dengan derajat sindroma mata kering berdasarkan hasil OSDI score. Dimana selama pandemi covid-19 penggunaan gawai juga semakin meningkat. Pengguna gawai saat ini didominasi oleh kalangan anak-anak dan remaja. Penggunaan OSDI score juga lebih mudah untuk mendiagnosis penyakit pada permukaan mata. Metode: Penelitian ini menggunakan studi potong lintang yang dilakukan di MAN 2 Mataram. Partisipan (n=73) merupakan individu yang menggunakan gawai lebih dari 2 jam, merupakan siswa kelas X dan XI, serta bersedia untuk ikut menjadi subjek pada penelitian ini. Hasil: Terdapat hubungan spesifik terkait durasi penggunaan gawai dengan derajat mata kering berdasarkan hasil OSDI score. Dimana nilai p<0,05, korelasi searah dengan kekuatan korelasi lemah. Kekuatan korelasi lemah karena adanya faktor lain yang dapat menyebabkan sindroma mata kering diluar dari durasi penggunaan gawai. Kesimpulan: Berdasarkan durasi pengguaan gawai sebagian besar partisipan menggunakan gawai selama 5 jam hingga 7 jam per hari. Pada hasil OSDI score sebanyak 26% mengalami mata kering derajat ringan, 13% mengalami mata kering derajat sedang, 50,7% mengalami mata kering serajat berat dan 9,6% dari sisa partisipan tidak memiliki gejala mata kering dengan hasil total skor normal
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | mata kering, derajat mata kering, OSDI, durasi penggunaan gawai |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 04:25 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 04:25 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31220 |
Actions (login required)
View Item |