ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN KELAS VII MTsN 2 KOTA BIMA TAHUN AJARAN 2021/2022

M. ADZAN, AKBAR (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN KELAS VII MTsN 2 KOTA BIMA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI M. ADZAN AKBAR (E1R115035).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa MTsN 2 Kota Bima dalam menyelesaikan soal cerita metematika materi aritmatika berdasarkan prosedur Newman tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain tes tulis serta wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Bima Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Kelas sampel dipilih Kelas VII delapan dengan memberikan tes tulis dan wawancara sehingga diperoleh kriteria siswa yang memperoleh nilai tinggi, sedang dan rendah untuk di analisis apa saja kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal . Adapun untuk teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Prosedur Newman dengan kriteria siswa berkemampuan tinggi yaitu persentase kesalahan tertinggi terdapat pada tahapan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir dengan tingkat kesalahan 33% dan tingkat kesalahan terendah terdapat pada tahapan membaca masalah, transformasi dan keterampilan proses dengan tingkat kesalahan 0%, selanjutnya untuk siswa berkemampuan sedang yaitu persentase kesalahan tertinggi terdapat pada tahapan memahami masalah dengan tingkat kesalahan 58% dan untuk tingkat kesalahan terendah terdapat pada tahapan membaca masalah, transformasi masalah dan keterampilan proses dengan tingkat kesalahan 0%, terakhir untuk siswa berkemampuan rendah yaitu persentase kesalahan tertinggi terdapat pada tahapan memahami masalah dengan tingkat kesalahan 91% sedangkan kesalahan terendah terdapat pada tahapan membaca masalah dengan tingkat kesalahan 0%. Hal ini menunjukkan bahwa bisa kita lihat hasil analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmatika social berdasarkan Prosedur Newman Kelas VII MTsN 2 Kota Bima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prosedur Newman, Analisis Kesalahan Siswa, Soal Cerita, Aritmatika Sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:26
Last Modified: 29 Aug 2022 04:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31235

Actions (login required)

View Item View Item