POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA LALAT BUAH (Bactrocera spp.) DENGAN PERLAKUAN BEBERAPA DOSIS PUPUK PETROGANIK PADA TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM

Putri Martina, Lianti (2022) POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA LALAT BUAH (Bactrocera spp.) DENGAN PERLAKUAN BEBERAPA DOSIS PUPUK PETROGANIK PADA TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Putri Martina Lianti_C1M018103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peneliatian ini bertujuan untuk mengetahui dosis pupuk petroganik yang baik untuk mengurangi populasi dan intensitas serangan hama lalat buah pada tanaman cabai rawit yang ditanam di luar musim. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 hingga bulan Maret 2022 di Lahan Unram Farming, Desa Nyiurlembang, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Perlakuan terdiri atas dosis pupuk Petroganik dengan 5 perlakuan yaitu P0 (kontrol), P1 (200 g/petak), P2 (400 g/petak), P3 (600 g/petak), P4 (800 g/petak). Rancangan yang digunakan yaitu rancangan acak kelompok (RAK) dengan dengan 4 ulangan. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) pada taraf 5% dan perlakuan yang berbeda nyata lalu diuji lanjut dengan uji BNJ pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan dosis pupuk petroganik berpengaruh nyata terhadap populasi dan intensitas serangan lalat buah serta mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit yang ditanam di luar musim. Dosis pupuk petroganik pada perlakuan P4 (800 g/petak) yang diaplikasikan sebagai pupuk dasar mampu mengurangi popuasi hama yang menyerang dikarenakan produksi buah yang dihasilkan dari taanaman kelompok P4 tersebut memiliki nilai kekerasan tertinggi sebesar 3,59 mm/g dibanding perlakuan yang lainnya, sehingga menyulitkan hama lalat buah dalam menusukkan ovipositornya ke dalam daging buah. Dosis pupuk petroganik juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit yang ditanam di luar musim.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): alat Buah, Pupuk Petroganik, Cabai Rawit
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:26
Last Modified: 29 Aug 2022 04:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31242

Actions (login required)

View Item View Item