ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2021/2022

YULIA, NA (2022) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja jenis-jenis kesalahan siswa kelas VII SMPN 17 Mataram dalam mengerjakan soal cerita matematika, faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita dan berdasarkan klasifikasi kesalahan Newman. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara mendalam. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-C SMPN 17 Mataram yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi aritmatika sosial berdasarkan prosedur Newman adalah: (a) persentase kesalahan membaca yang dilakukan siswa sebesar 22,22%, (b) persentase kesalahan memahami masalah sebesar 26,45%, (c) persentase kesalahan transformasi sebesar 52,91%, (d) persentase kesalahan keterampilan proses sebesar 54,49%, (e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 42,85%. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa adalah siswa tidak teliti membaca soal, tidak teliti menemukan hal yang diketahui dalam soal, tidak mengetahui permasalahan dalam soal, tidak mengetahui rumus yang seharusnya digunakan dan mengikuti jawaban teman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kesalahan, prosedur Newman, aritmatika sosial, soal cerita.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:27
Last Modified: 29 Aug 2022 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31244

Actions (login required)

View Item View Item