PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN IPA

DEWI, VIRGI PUSPITA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN IPA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
halaman depan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. 2) pengaruh sikap ilmiah pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. 3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 10 Mataram tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari kelas eksperimen VIIB (32 peserta didik) dan kelas kontrol VIIA (31 peserta didik). Instrumen penelitian berupa angket sikap ilmiah pada pembelajaran IPA, lembar observasi keterampilan proses sains dan tes uraian kemampuan berpikir kritis. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik manova Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan : (1) tidak ada pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains peserta didik. (2) ada pengaruh sikap ilmiah pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan proses sains peserta didik. (3) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan proses sains peserta didik. (4) ada pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. (5) ada pengaruh sikap ilmiah pada pembelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. (6) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:22
Last Modified: 25 Apr 2018 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3125

Actions (login required)

View Item View Item