Kompetensi Wirausaha yang Mendorong Keberhasilan Usaha (Studi pada IKM Produk Makanan Olahan Di Provinsi Nusa Tenggara Barat)

Santi, Nururly and Mukmin, Suryatni and H. Muhammad, Ilhamuddin Kompetensi Wirausaha yang Mendorong Keberhasilan Usaha (Studi pada IKM Produk Makanan Olahan Di Provinsi Nusa Tenggara Barat). Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan. ISSN 2655-6944

[img]
Preview
Text
B.5 Kompetensi Wirausaha yang Mendorong Keberhasilan Usaha.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B.5 ILHAM.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kompetensi wirausaha yang mendorong keberhasilan Industri Kecil dan Menengah (IKM) pen- golahan makanan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Jenis penelitian asosiatif, dengan menggunakan teknik non probability sampling. Unit analisis adalah IKM yang ada di Provinsi NTB, yang mencakup wilayah Pulau Lombok, terdiri dari: Lom- bok Barat, Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, dan Wilayah Pulau Sumbawa; Sumbawa Besar. Responden penelitian adalah pemilik atau pengelola usaha IKM yang diperoleh dengan cara purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu. Dalam penelitian ini responden adalah IKM yang telah berdiri lebih dari 3 (tiga) tahun dengan pendapatan positif. Jumlah Responden dalam penelitian ini sebanyak 101 pengusaha. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi wirausaha dengan keberhasilan usaha pada IKM pen- golahan makanan di Provinsi NTB.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Kompetensi, Wirausaha, Keberhasilan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Drs M. Ilhamuddin M.Sc
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:09
Last Modified: 29 Aug 2022 06:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31253

Actions (login required)

View Item View Item