ANALISIS KETIDAKADILAN GENDER DALAM NOVEL PEREMPUAN DI TITIK NOL KARYA NAWAL EL-SAADAWI DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

SARI, ERSITA WANDA (2016) ANALISIS KETIDAKADILAN GENDER DALAM NOVEL PEREMPUAN DI TITIK NOL KARYA NAWAL EL-SAADAWI DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI 2016.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan gender yang sering kali menimbulkan ketidakadilan sosial bagi kaum perempuan. Perbedaan gender telah dikonstruksi secara sosial bahkan sudah membudaya sampai saat ini. Hal ini tidak hanya terjadi pada dunia nyata, tetapi juga terjadi pada dunia khayalan atau sastra khususnya novel. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk-bentuk ketidakadilan gender pada perempuan yang terdapat dalam novel Perempuan Di Titik Nol karya Nawal El-Saadawi? (2) Bagaimanakah kaitan ketidakadilan gender dalam novel Perempuan Di Titik Nol karya Nawal El-Saadawi dengan pembelajaran sastra di SMA? Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk ketidakadilan gender pada perempuan dalam novel Perempuan Di Titik Nol karya Nawal El-Saadawi. (2) Mendeskripsikan kaitan ketidakadilan gender dalam novel Perempuan Di Titik Nol karya Nawal El-Saadawi dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bersifat kualitatif naratif yang artinya menarasikan data yang diperoleh secara sistematis, rinci, dan faktual mengenai fakta-fakta dan hubungan sebab-akibat kejadian dalam objek yang diteliti, dengan kata lain data yang dikumpulkan berupa kata-kata dalam bentuk kutipan-kutipan.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi pustaka dengan teknik catat. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ketidakadilan gender dalam novel Perempuan Di Titik Nol ialah (a) Marginalisasi terhadap perempuan dalam bentuk eksploitasi ekonomi berupa perjodohan dan eksploitasi seksual berupa dijadikan pelacur, (b) Subordinasi terhadap perempuan menyebabkan tidak diberikannya kesempatan untuk menuntut ilmu keperguruan tinggi, (c) Stereotipe terhadap perempuan tentang anggapan bahwa perempuan dianggap hina sehingga perannya dalam masyarakat dianggap rendah, (c) Kekerasan terhadap perempuan dalam bentuk kekerasan fisik dan pemerkosaan, serta (d) Beban kerja terhadap perempuan. (2) Kaitan ketidakadilan gender dengan pembelajaran sastra di SMA sesuai dengan kurikulum KTSP tahun 2006 dengan Standar Kompetensi (SK) yang harus dicapai oleh siswa SMA dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas XI semester I adalah memahami berbagai novel Indonesia/terjemahan. Salah satu Komponen Dasar (KD) yang harus dicapai pada SK tersebut adalah menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ketidakadilan gender, pembelajaran sastra di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:23
Last Modified: 25 Apr 2018 07:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3126

Actions (login required)

View Item View Item