PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN INPRES TAMBE TAHUN PELAJARAN 2021/2022.

RATU, NURRAMADHOAN (2022) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN INPRES TAMBE TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RATU 1..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajara IPS Siswa Kelas IV SDN Inpres Tambe Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaf dengan rancangan penelitian nonequivalent control grup design tipe quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Inpres Tambe tahun pelajaran 2021/2022, sedangkan sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Inpres Tambe sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 9 Sila sebagai kelas kontrol. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0.05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas selanjutnya menguji hipotesis penelitian dan uji lanjut dengan uji effect size. Kemudian data hasil belajar dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui hipotesis penelitian. Hasil analisis data didapatkan nilai sig.2 tailed sebesar 0.029 yang nilainya kurang dari 0.05, maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika thitung > ttabel (2.238>1.671) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh model kooperatif tipe IV Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajara IPS Siswa Kelas IV SDN Inpres Tambe Tahun Pelajaran 2021/2022. Selanjutnya untuk melihat seberapa besar pengaruh model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajara IPS Siswa Kelas IV SDN Inpres Tambe maka dilakukan uji lanjutan menggunakan effect size maka diperoleh nilai sebesar 1.00 ini termasuk dalam kategori besar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model kooperatif tipe Numbered Head Together memiliki perubahan terhadap hasil belajar kognitif siswa terlihat dari proses pembelajaran Numbered Head Together memiliki pengarug yang signifikan terhadap hasil belajar siswa berdasarkan uji hipotesis diperoleh sig.2 tailed sebesar 0.029<0.05. Besar pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS sebesar 1.00 termasuk dalam kategiri besar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Kooperatip Tipe Numbered Head Together Dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Aug 2022 23:59
Last Modified: 29 Aug 2022 23:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31262

Actions (login required)

View Item View Item