HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 1 WANASABA DAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

ANNISA, PITRIANA (2022) HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 1 WANASABA DAYA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANNISA PITRIANA (E1E018017) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kecerdasan interpersonal dapat membantu siswa untuk bisa mengembangkan sikap empati, prososial, kesadaran diri dan mampu meningkat kemampuan komunikasi. Hal tersebut sejalan dengan tujuan kurikulum IPS yang tidak hanya mengembangkan pengetahuan akan tetapi juga mengembangkan sikap dan keterampilan sosial. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 1 Wanasaba Daya. Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan metode korelasional. Sampel penelitian menggunakan siswa kelas IV SDN 1 Wanasaba Daya. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling yaitu sampel total. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi dan angket atau kuisioner. Uji instrument penelitian berupa uji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linearitas kemudian dilakukan uji korelasi. Menurut hasil uji hipotesis yang telah dilakukan diketahui bahwa antar kedua variabel terdapat korelasi sebesar 0,642 > 0,349 sesuai dengan pengujuian maka Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 1 Wanasaba Daya dengan kategori cukup tinggi karena ada satu orang siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal yang sedang tetapi memiliki hasil belajar IPS yang tinggi. Hal ini membuktikan bahwa setiap individu memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda atau bervariasi. Dalam hal ini bermakna bahwa siswa yang memiliki kategori kecerdasan interpersonal tinggi belum tentu memiliki kategori tinggi pada kecerdasan-kecerdasan yang lainnya, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hubungan, Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2022 00:00
Last Modified: 30 Aug 2022 00:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31266

Actions (login required)

View Item View Item