OPTIMALISASI PENGAWASAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) TERHADAP ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 23 TAHUN 2014 (Studi Kasus Di Kabupaten Bima)

Haeru, nisah (2022) OPTIMALISASI PENGAWASAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) TERHADAP ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 23 TAHUN 2014 (Studi Kasus Di Kabupaten Bima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Haerunisah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam melaksanakan pengawasan terhadap APBD dan mengetahui faktor penghambat dan upaya mengatasi hambatan oleh DPRD dalam mengoptimalkan pengawasan APBD di Kabupaten Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Empiris dengan menganalisis data yang diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa Fungsi pengawasan DPRD dalam pelaksanaan APBD di Kabupaten Bimadilakukan dengan mengadakan Rapat kerja komisi dengan OPD, Kegiatan kunjungan kerja (Kunker), Rapat dengar pendapat, pandangan umum fraksi, dan pengaduan masyarakat.Adapun kendala yang dihadapi DPRD Kabupaten Bima adalah faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal meliputi : kurangnya pemahaman para anggota DPRD akan batasan-batasan dan ruang lingkup fungsi pengawasan, ketidaksamaan persepsi diantara anggota DPRD, sumber daya yang terbatas untuk menjalankan fungsi pengawasan, minimnya pengalaman organisasi yang dimiliki oleh para anggota DPRD, khususnya dibidang administrasi birokrasi pemerintahan, faktor eksternal meliputi: tidak tersediannya jaringan yang memadai, peraturan perundang- undangan yang cenderung berubah-ubah, lemahnya penegakan hukum. Dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan APBD. Dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan APBD. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penyediaan tenaga ahli dalam rangka mendukung kelancaran tugas dan wewenang DPRD.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Optimalisasi, Pengawasan DPRD, APBD.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2022 00:50
Last Modified: 30 Aug 2022 00:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31272

Actions (login required)

View Item View Item