PENGARUH WAKTU TAHAN (HOLDING TIME) SINTERING DAN KOMPOSISI LIMBAH ALUMINIUM, SILIKON KARBIDA DAN LIMBAH KACA, TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTUR MAKRO PRODUK METALURGI SERBUK

MUHAMMAD DIRA, FATHONY (2022) PENGARUH WAKTU TAHAN (HOLDING TIME) SINTERING DAN KOMPOSISI LIMBAH ALUMINIUM, SILIKON KARBIDA DAN LIMBAH KACA, TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTUR MAKRO PRODUK METALURGI SERBUK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C018043_MUHAMMAD DIRA FATHONY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

erkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini sangat pesat, logam terus berkembang dalam berbagai sektor. Salah satu metode pembentukan komposit adalah metode metalurgi serbuk. Metalurgi serbuk merupakan teknologi pengerjaan logam dimana komponen diproduksi dari serbuk logam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu tahan (holding time) sintering dan komposisi pencampuran terhadap sifat mekanik (kekerasan) dan pengamatan struktur makro. Bahan yang digunakan pada penelitian ini dari limbah aluminium yang berasal dari sisa pemotongan etalase. Pembuatan spesimen menggunakan metode metalurgi serbuk. Pada penelitian ini variasi yang digunakan adalah waktu tahan sintering 120 menit, 180 menit, 240 menit, variasi komposisi 80% Al : 17% Sic : 3% Kaca, 80% Al : 14% Sic : 6% Kaca, 80% Al : 11% Sic : 9% Kaca, 80% Al : 8% Sic : 12% Kaca. Beberapa variabel kontrol yaitu ukuran butir 100 mesh, mixing 15 menit, kompaksi 7 ton dan temperature sintering 600oC. Hasil yang didapatkan adalah nilai kekerasan tertinggi terdapat pada spesimen dengan suhu sintering 6000C dengan waktu tahan sintering 240 menit pada komposisi bahan 80:17:03 yaitu sebesar 90,33 HRF. Pada pengamatan strtuktur makro menunjukkan terdapat porositas yang lebih kecil pada spesimen dengan nilai kekerasan yang tinggi. Hasil pengujian sifat mekanik secara keseluruhan menunjukkan bahwa variasi waktu tahan sintering memberikan pengaruh terhadap spesimen yang dimana akan memberikan waktu untuk terbentuknya ikatan antar partikel yang semakin kuat. Sementara variasi komposisi bahan dengan penguat SiC semakin banyak persentasenya yang di berikan maka kekerasan komposit semakin besar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aluminium, Komposit, Limbah, Metalurgi Serbuk
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:22
Last Modified: 30 Aug 2022 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31288

Actions (login required)

View Item View Item