AKULTURASI BUDAYA ISLAM DALAM ADAT PERNIKAHAN MASYARAKAT SUKU SASAK DI DUSUN SADE DESA REMBITAN KECAMATAN PUJUT LOMBOK TENGAH

SATO, NI (2022) AKULTURASI BUDAYA ISLAM DALAM ADAT PERNIKAHAN MASYARAKAT SUKU SASAK DI DUSUN SADE DESA REMBITAN KECAMATAN PUJUT LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SATONI (E1S016080).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) nilai-nilai Islam apa yang terdapat dalam proses adat pernikahan masyarakat Suku Sasak di Dusun Sade Desa Rembitan Kecamatan Pujut Lombok Tengah. (2) bentuk-bentuk akulturasi budaya Islam dalam adat pernikahan masyarakat Suku Sasak di Dusun Sade Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan di Dusun Sade Desa Rembitan Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Penletian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) nilai-nilai Islam apa yang terdapat dalam proses adat pernikahan masyarakat Suku Sasak di Dusun Sade Kecamatan Pujut Lombok Tengah yaitu; besejati dan beselabar memberikan informasi kepada kepala Dusun dari pihak mempelai calon wanita bahwa dia telah berada di kediaman dari calon mempelai laki-laki. Nuntut wali meminta pertanggungjawaban untuk berlangsungnya proses akad nikah. Ngawinan (akad nikah)dilangsungkan dengan menurut tuntunan dan ajaran Islam. Nyongkolan (bejango) arak-arakan pihak mempelai laki-laki mengunjungi rumah pihak mempelai perempuan. 2) bentuk-bentuk akulturasi budaya Islam dalam pernikahan adat Suku Sasak di Dusun Sade Desa Rembitan Lombok Kecamatan Pujut Tengah ditemukan pada; Ngawinan (akad nikah) dan begawe (pesta pernikahan). Ngawinan (akad nikah)memberikan pembauran dari dua budaya Islam dan adat Sasak pada saat berlangsungnya. Proses akad nikah juga tidak terlepas dari syarat-syarat yang telah diharuskan dalam Islam. Dan begawe (pesta pernikahan) jugatidak lepas juga dari bentuk-bentuk akulturasi budaya Islam dalam adat pernikahan Sasak. Kedua dari hasil proses tersebut tidak terlepas dari bentuk-bentuk akulturasi dengan konseptual yang mendasari. Adapun konseptualisasi dari istilah yang muncul dari kedua proses tersebut yaitu sinkreatisme, adition dan originasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai-nilai Islam, Bentuk Akulturasi Budaya Islam dan Adat Sasak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:22
Last Modified: 30 Aug 2022 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31289

Actions (login required)

View Item View Item