PENGAWASAN PEMERINTAH TERHADAP PENGAWASAN HUTAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KERUSAKAN HUTAN UNTUK LAHAN PERTANIAN (STUDI DESA SELANTE Kec. PLAMPANG Kab. SUMBAWA)

ADRI, AHMADI (2022) PENGAWASAN PEMERINTAH TERHADAP PENGAWASAN HUTAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KERUSAKAN HUTAN UNTUK LAHAN PERTANIAN (STUDI DESA SELANTE Kec. PLAMPANG Kab. SUMBAWA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak kerusakan hutan sebagai akibat dari perubahan dari fungsi hutan ke kawasan pertanian jagung, faktor penyebab pemerintah tidak efektif dalam melakukan perlindungan hutan dan bagaimana upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi kerusakan hutan. Penelitian ini menggunakan penelitian empiris. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan perundang-undangan, konseptual dan sosiologis. Sumber data yang digunakan adalah data lapangan dan kepustakaan. Teknik/Cara memperoleh data dilakukan dengan teknik wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dampak kerusakan hutan pada Kabupaten Sumbawa adalah kondisi cuaca yang tidak menentu dari tahun ke tahun, banjir, erosi dan sedimentasi tanah permukaan lantai hutan yang mulai terkikis. Pengawasan yang dilakukan tidak efektif dikarenakan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM). Upaya yang dilakukan Kabupaten Sumbawa dalam mengatasi kerusakan hutan yaitu melakukan rehabilitasi hutan dan lahan dengan skema swakelola kelompok masyarakat lokal,

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hutan. Pencegahan. Kerusakan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:22
Last Modified: 30 Aug 2022 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31296

Actions (login required)

View Item View Item