KAJIAN YURIDISPERJANJIAN JUAL BELI LAHAN DENGAN DASAR PIPIL SEBAGAI BUKTI KEPEMILIKAN (Analisis Putusan No. 1991 K/pdt/2012)

FARIZAN NURUL, AQ’MARINA (2022) KAJIAN YURIDISPERJANJIAN JUAL BELI LAHAN DENGAN DASAR PIPIL SEBAGAI BUKTI KEPEMILIKAN (Analisis Putusan No. 1991 K/pdt/2012). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
rizan after semtup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pipil bisa sah di jadikan sebagai dasar jual beli dan bagaimanakah pertimbangan hakim dalam memutus perkara perjanjian jual beli lahan dengan dasar pipil sebagai bukti kepemilikan menurut putusan Mahkamah Agung No 1991K/Pdt/2012. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa jual beli tanah yang belum bersertifikat hanya didasarkan pada pipil/petuk pajak. Sehingga pipil tidak bisa dijadikan sebagai dasar atas jual beli tanah. Pertimbangan Hakim dalam memutus perkara bahwa proses jual beli lahan ini termasuk sah dalam hukum Adat setempat karena Penggugat telah melakukan pembayaran lunas kepada para tergugat dan para Tergugat telah menyerahkan surat tanah sengketa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jual Beli Lahan, Pipil, Analisis
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:03
Last Modified: 31 Aug 2022 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31304

Actions (login required)

View Item View Item