PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Izlayani, Putri (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IZLAYANI PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model Blended Learning berbantuan video pada materi momentum dan impuls untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), bahan ajar, video dan instrumen penilaian kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi instrumen evaluasi kemampuan pemecahan masalah, lembar validasi perangkat dan keterlaksanaan proses pembelajaran kepraktisan menggunakan skala Likert. Data keefektifan produk dianalisis menggunakan standar Gain. Efektifitas diperoleh dari uji coba terbatas dengan memberikan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berupa pretest dan posttest yang kemudian hasilnya dianalisis menggunakan N-Gain. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan keseluruhan perangkat yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 3.53 sampai dengan 3.96 dengan kriteria sangat baik. Perangkat memenuhi kriteria sangat praktis dilihat berdasarkan respon positif peserta didik terhadap pembelajaran yang mencapai 97,48% dengan kategori sangat praktis, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai rata-rata 93,77% dengan kategori sangat praktis. Kemudian, kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata uji N-Gain adalah 0.66 dengan kategori sedang. Peserta didik menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran offline dan online. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran fisika model blended learning berbantuan video pada materi momentum dan impuls valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perangkat Pembelajaran, Blended Learning, Video, Momentum dan Impuls, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:03
Last Modified: 31 Aug 2022 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31306

Actions (login required)

View Item View Item