STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEREMPUAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN EKONOMI KELUARGA (Kasus Perempuan Pedagang Tenun di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika)

Aisyah Dwi, Putriani (2022) STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEREMPUAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN EKONOMI KELUARGA (Kasus Perempuan Pedagang Tenun di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AISYAH DWI PUTRIANI (L1C015003).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui strategi bertahan hidup dan peran ganda perempuan pedagang tenun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tehnik penentuan informan menggunakan tehnik purposive. Tehnik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah perempuan penjual tenun di kawsasan pariwisata Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika melakukan strategi bertahan hidup berupa strategi aktif, pasif, dan jaringan. Yaitu dengan cara berjualan tenun, bertani, beternak sapi, meminjam uang kepada tetangga atau kerabat, dan menekan biaya kebutuhan hidup sehari-hari. Peran ganda perempuan dilakukan dengan sadar dan akan mendahulukan perannya dirumah sebagai ibu rumah tangga dan akan berlanjut untuk berjualan kain tenun di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, selain itu ada penambahan jam kerja yang harus disesuaikan dengan perannya didalam rumah, ketika pekerjaan rumah seperti beres-beres rumah dan menjaga anak belum selesai perempuan penjual tenun tidak bisa pergi bejualan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): strategi bertahan hidup,peran ganda perempuan, tenun
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:03
Last Modified: 31 Aug 2022 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31308

Actions (login required)

View Item View Item