POLA KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI DAN i INFORMATIKA KOTA MATARAM DALAM MENINGKATKAN PERAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) DI KOTA MATARAM (STUDI PADA KIM KECAMATAN SEKARBELA)

RIKA AYU, CAHYANINGRUM (2022) POLA KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI DAN i INFORMATIKA KOTA MATARAM DALAM MENINGKATKAN PERAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) DI KOTA MATARAM (STUDI PADA KIM KECAMATAN SEKARBELA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rika Ayu C (L1B018099) - terbaru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)

Abstract

Berdasarkan pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 08 Tahun 2010 tentang pengembangan dan pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial, maka dibentuklah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk mengatasi kesenjangan informasi di masyarakat KIM memiliki arti penting sebagai mitra pemerintah dan sebagai bagian dari jaringan sistem informasi nasional dalam diseminasi informasi dan penyerapan aspirasi masyarakat. Kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat yang dituju dapat memahami, menerima, dan berpartisipasi dalam melaksanakan gagasan-gagasan yang telah disampaikan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram dalam meningkatkan peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada Kecamatan Sekarbela. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan informan dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman dan menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram dalam meningkatkan peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Mataram (Studi Pada KIM Kecamatan Sekarbela) berlangsung sebagai proses komunikasi satu arah/linear/one way communications. Untuk menjelaskan proses komunikasi tersebut menggunakan model Laswell. Pemerintah Kota Mataram merupakan satu-satunya sumber informasi untuk KIM. KIM menggunakan media sosial Facebook untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. KIM perantara antara pemerintah melalui Diskominfo Kota Mataram sebagai proses komunikasi dengan masyarakat, dan tidak terjadi umpan balik secara langsung dari masyarakat kepada Pemerintah. Informasi yang disampaikan dari pemerintah melalui Diskominfo yang kemudian disampaikan kepada KIM ialah terkait pembangunan yaitu tentang apa yang akan dilaksanakan dan kegiatan apa yang telah dilaksanakan, terkait program-program pemerintah. Adapun saran dan aspirasi dari masyarakat terlebih dahulu di tampung oleh KIM, dan akan disampaikan kepada Pemerintah Kota Mataram saat pelaksanaan kegiatan Monev. Dalam hal ini KIM menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah, mediator, dan sebagai forum media dalam penyebarluasan, sosialisasi, pelayanan komunikasi dan diseminasi informasi pemerintah serta pembangunan kepada masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Komunikasi, Kelompok Informasi Masyarakat
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:04
Last Modified: 31 Aug 2022 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31320

Actions (login required)

View Item View Item