PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN COURSE REVIEW HORRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 52 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HIDAYAT, RAHMATULLAH (2017) PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN COURSE REVIEW HORRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 52 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang terdiri atas dua siklus. Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan Metode Student Facilitator And Explaining Dan Course Review Horray. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SDN 52 Cakranegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penggunaan Metode Student Facilitator And Explaining Dan Course Review Horray. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal 73% dengan nilai rata-rata kelas 75,76. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 89% dengan nilai rata-rata kelas 81,54. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria ketuntasan yang ingin dicapai yakni 85% siswa mendapat nilai minimal 75 pada tes evaluasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Student Facilitator And Explaining Dan Course Review Horray dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 52 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Student Facilitator And Explaining Dan Course Review Horray, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:22
Last Modified: 25 Apr 2018 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3133

Actions (login required)

View Item View Item