PERAN BPD DALAM PENGAWASAN PENGELOLAAN DANA DESA (STUDI DI DESA LABUHAN LOMBOK, KECAMATAN PRINGGABAYA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR)

SINAR WAHYU, PRATAMA (2022) PERAN BPD DALAM PENGAWASAN PENGELOLAAN DANA DESA (STUDI DI DESA LABUHAN LOMBOK, KECAMATAN PRINGGABAYA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami peran dan hambatan BPD dalam pengawasan pengelolaan dana desa di Desa Labuhan Lombok. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris, dengan metode analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, BPD sudah berperan sesuai Pasal 46 Permendagri No.110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa. Pengawasan pengelolaan dana desa mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. Faktor yang menjadi hambatan bagi BPD dalam pengawasan pengelolaan dana desa, yaitu faktor internal Sumber Daya Manusia, berdasarkan kualitas SDM BPD masih minim. Faktor eksternal yaitu pendanaan, BPD merasa belum mencukupi dalam mendukung menyusun program kerja BPD dan menjalankan program kerja BPD.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PD, Pengawasan dan Pengelolaan Dana Desa.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2022 23:59
Last Modified: 31 Aug 2022 23:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31345

Actions (login required)

View Item View Item