STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN GERABAH DI DESA BANYUMULEK KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Baiq Vini Febria, Utami Bhijannifa (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN GERABAH DI DESA BANYUMULEK KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Baiq Vini Febria Utami Bhijannifa_Strategi Pengembangan Us.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi pengembangan usaha kerajinan gerabah di Desa Banyumulek Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat, (2) menganalisis strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan pada kerajinan gerabah di Desa Banyumulek Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan tujuan dan hasil penelitian terhadap usaha kerajinan gerabah di Desa Banyumulek Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Analisis faktor internal dan eksternal pada usaha kerajinan gerabah menunjukkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Kekuatan meliputi: (a) Ketersediaan bahan baku yang melimpah dan mudah didapatkan; (b) Memiliki berbagai jenis produk gerabah; (c) Harga gerabah yang ditawarkan terjangkau; (d) Sumber daya manusia yang cukup terampil; (e) Kualitas produk cukup baik. Kelemahan meliputi: (a) Lokasi usaha kurang strategis; (b) Strategi promosi kurang variatif dan kurang gencar dalam melakukan promosi; (c) Keterbatasan modal; (d) Kurang dalam menciptakan inovasi baru. Peluang meliputi: (a) Peluang pasar masih luas; (b) Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi; (c) Tingginya kegiatan bisnis; (d) Menjadi sentra gerabah di Pulau Lombok. Ancaman meliputi: (a) Munculnya pesaing dan persaingan harga yang kompetitif; (b) Perubahan gaya hidup masyarakat saat ini; (c) Semakin banyaknya produk jenis lain dengan fungsi yang sama dengan gerabah. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi untuk usaha kerajinan gerabah di Desa Banyumulek berada pada posisi kuadran I, yaitu mendukung strategi agresif (Growth Oriented Strategy). Posisi ini menggunakan kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang. Strategi utama yang perlu digunakan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan rumah tangga yaitumelakukan promosi melalui media social, strategi kedua yaitu membuat inovasi baru sesuai tren pasar, dan strategi ketiga yaitu mengadakan pelatihan pembuatan gerabah bagi wisatawan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): trategi Pengembangan Usaha, Kerajinan Gerabah, Analisis SWOT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2022 23:59
Last Modified: 31 Aug 2022 23:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31350

Actions (login required)

View Item View Item